Senin, 22 Agustus 2011

Mengenal HTML lebih lanjut

Salam Blogger Selalu, ..


Postingan kali saya akan melanjutkan materi tentang HTML, kita langsung aja ok!.
Sebuah dokumen html pada dasarnya berstruktur dan dibagi menjadi 2 bagian  besar, yaitu HEADER (bagian atas) dan BODY (tubuh dokumen). Masing - masing berisikan judul dokumen dan informasi - informasi dasar lain, sedangkan BODY adalah data/isi yang akan di tampilkannya ke halaman web. secara umum bentuknya seperti gambar di bawah ini.
Struktur HTML
Berhubung HTML adalah sebuah file dokumen tentu kita membutuhkan alat untuk mengetikkan simbol - simbol tersebut, seperti halnya kita akan membuat sebuah dokumen word tentu alat/software yang harus ada dikompi kita adalah Microsoft Office Word, nah untuk mengetikka html pun ada alat khusus diantaranya NOTEPAD ataupun text editor lain misalnya seperti Notepad++, Microsoft Ofiice Front Page, atau yang lebih canggihnya lagi yaitu Macromedia Dreamwever, oke ! setelah kita mengetahui dimana harus menulis sebuah dokumen html, kita lanjutkan lagi setrukutur html atau setruktur penulisan dokumen html.
Sudah jelas kita lihat gambar diatas bahwa dalam sebuah dokumen html ada dua bagian penting yaitu bagian HEAD dan BODY, sebelumnya ganti istilah simbol - simbol html denga Tag - tag / sintak html, tag - tag html selalu di awali dengan < ... > dan diakhiri </ ... > dimana titik - titik tersebut diisi dengan tag - tag html seperti b, i, u, font, html, body, titile dsb. namun ada juga tag yang tidak diakhiri dengan </ ... > seperti tag <br>, <hr> dll. 
Selanjutnya tag yang pertama kali harus kita tulis adalah :
<html>
............
</html>
tag tersebut akan memberi tanda awal dan akhir suatu dokumen html. kemudian titik tersebut kita isi dengan bagian yang pertama dan kedua, yaitu bagian head dengan tagnya adalah <head> dan </head>. di dalam tag ini kita akan meletakan judul dokumen , dengan tag <title> dan </title>, kemudian ke-2 adalah bagian BODY, nah perlu anda ketahui bahwa semua yang akan kita tampilkan di browser adalah terdapat dibagian ini yaitu andara <body> ..... isi yang akan di tampilkan ... </body>, saya akan beri contoh kecil sebuah dokumen html.
<html>
<head>
<title>
Belajar HTML bagian 1
</title>
<body>
Selamat datang di web pertamaku
</body>
</html>
belum cukup sampai sini, setelah kita mengetahui struktur penulisan html dan dimana kita menuliskan dokumen html, kita juga harus mengetahui type file sebuah dokumen html, type file sebuah dokumen html adalah (*.html) jadi setelah kita mengetiknya kita save dengan type/ekstensi file .html.
berikut hasil dari tag/sintak diatas setelah di tampilkan di browser, oh ia lupa untuk membuka dokumen html kita langsung doble-click aja langsung.
save & type file dokumen html.
Hasil dari tag diatas.
Nah para netter selamat mencoba, semoga berhasil, Salam Blogger Selalu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms